My Cart

Close

Tips Memilih Jam Tangan yang Tepat

Posted on April 08 2019

Saat akan membeli jam tangan, tentunya kamu tidak mau untuk asal beli. Terdapat banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli satu jam tangan, dari segi harga, desain, bentuk, dsb. Berikut beberapa tips memilih jam tangan yang tepat semoga dapat menjadi pertimbangan:

1. Sesuaikan dengan Pergelangan Tangan

Pergelangan tangan setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang lebar dan kecil. Untuk menyesuaikan pergelangan tangan dengan jam tangan itu sangat penting loh, agar jam terlihat cocok dengan pergelanganmu, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kecil. Kamu dapat menjadikan ini sebagai referensi:

  • Lebar pergelangan tangan 15-17 cm, rekomendasi lebar jam 38 mm, 40 mm, dan 42 mm
  • Lebar pergelangan tangan 19-20 cm, rekomendasi lebar jam 44 mm dan 46 mm
  • Lebar pergelangan tangan 20 cm, rekomendasi lebar jam 48 mm dan 50 mm

Jika kamu punya tangan berotot akan cocok dengan model jam tangan yang sporty dan maskulin. Jangan sampai kegaranganmu hilang. Hindari menggunkana tali jam berbahan stainless steel atau chroom, gelang, dan kain. Dikarenakan tidak sebanding dengan bentuk tangan berotot yang kamu punya.

Jika kamu memiliki pergelangan tangan kecil, sebaiknya memilih jam tangan dengan tali kecil dan juga bazel kecil karena pada umumnya pemilik pergelangan tangan kecil identik dengan orang berbadan kurus. Hindari pemakaian jam tangan dengan tali lebar dan bazel besar.

Jika kamu pemilik tangan berlemak dan terlihat besar, pastikan kamu memakai jam tangan berukuran pas. Hindari pemakaian jam tangan bertali dan bazel kecil. Pilihlah jam tangan bertali sedang hingga lebar, material tali tidak terlalu tipis dan baze; jam berukuran sedang hingga besar.

Beruntunglah kamu yang memiliki pergelangan tangan proporsional, pemilihan jam tangan tergantung dari selera dirimu sendiri. Segala bentuk jam tangan akan cocok dengan pergelanganmu.

2. Jenis Tali
Terdapat berbagai macam jenis tali jam tangan, ada yang kulit, rantai stainless stel, rubber, dan rantai titanium. Pemilihan tali jam akan menentukan kenyamananmu ketika menggunakan jam tangan tersebut. Pilihlah bahan tali jam tangan yang akan tahan lama, sehingga kamu tidak perlu menggantinya berulang kali. Bahan paling awet yaitu metal, tapi beberapa orang alergi pada bahan metal, jadi pilihlah tali berbahan kulit. Tali berbahan kulit memang tahan lama, tapi sebaiknya kamu menggantinya minimal setahun sekali atau tergantung pada seberapa sering kamu menggunakan jam tangan tersebut.

3. Lebar Tali

Jika kamu sudah memilih bahan tali yang cocok untukmu, sesuaikan juga lebar tali jam tangan yang akan kamu pilih. Sesuaikan dengan ‘kepala’ jam tanganmu, jangan sampai salah beli tali, yang seharusnya menggunakan tali yang lebar malah membeli yang tipis. Beberapa stylish merekomendasikan untuk memlih tali yang lebarnya setengah lebar case jam tangan. Hal ini bertujuan agar jam tanganmu tidak terlihat lebih besar.

4. Tebal Jam Tangan

Saat ini sedang tren jam tangan dengan desain yang minimalis dan case yang tipis. Namun, tren ini juga belum tentu cocok dengan kamu, tetap perlu perhatikan dan sesuaikan dengan pergelangan tanganmu. Jika kamu memiliki pergelangan tangan yang tipis lebih baik menghindari jam tangan dengan model ini. Pilihlah jam tangan dengan case yang lebih tebal. Ketebalan case jam tangan harus proporsional dengan diameternya.

5. Perhatikan Material Bahan Jam Tangan

Banyak jam tangan yang berasal dari bahan logam atau stainless steel. Pastikan kamu membeli jam tangan yang menggunakan logam atau metal padat dan berat, yang akan memberikan kesan build quality terbaik. Kualitas akan berbeda apabila jam tanganmu berbahan besi campuran. Jika kamu memilih jam dengan bahan baja stainless, beli lah dengan jenis 316L.

6. Pentingnya Build Quality

Konstruksi keseluruhan dari jam tangan yang kamu pilih juga harus diperhatikan. Tentu jam tangan harus fit dengan pergelangan tanganmu. Kamu juga wajib memeriksa bagian-bagian tertentu, seperti lubang strap apakah sudah pas dan rapi atau belum. Jika kamu memilih jam dengan bahan stainless steel pastikan kamu memeriksa buckle atau pengait dari jam tersebut apakah pas atau tidak. Jam kualitas baik pasti memiliki build quality yang kokoh, rapi, presisi dengan pemasangan segala part-nya.

7. Kenali Karakter Dirimu Sendiri

Sudah kenalkan kamu dengan dirimu sendiri? Jika kamu adalah pria yang senang beraktivitas berat seperti olahraga, dan beberapa aktivitas outdoor lainnya, kamu bisa membeli jam dengan tipe sporty. Namun, jika kamu termasuk tipe pria yang berpenampilan rapi atau orang kantoran, tipe jam yang cocok untuk mu adalah jam dengan tipe kasual. Sedangkan, jika kamu orang yang suka dengan gaya-gaya tua, kamu bisa membeli jam tangan dengan tipe klasik.

8. Pertimbangan Kulit Tangan

Warna kulit juga memengaruhi kecocokan kamu dengan jam tangan yang kamu kenakan. Jika kamu memiliki kulit yang terang, bisa membeli bermacam-macam warna, baik itu warna gelap atau terang. Bagi kamu yang berkulit gelap, kamu bisa membeli warna jam tangan yang terang, namun jangan terlalu terang supaya tidak terlalu mencolok. Pilihlah warna-warna yang netral.

9. Jenis Movement

Terdapat tiga jenis movement atau penggerak pad ajam tangan, yaitu quatrs, mechanical, dan automatic.

  • Quartz: didukung daya baterai yang berfungsi mengantarkan sinyal elektrik melalui kristal kuarsa. Jam tangan dengan movement ini juga awet dan cenderung lebih murah.
  • Mechanical: pergerakan waktu pada movement jenis ini diukur dengan mekanisme semi-driven. Jam tangan dengan movement mekanik menjadi jam yang sering dikoleksi oleh para kolektor.
  • Automatic: bermesin otomatis dengan memanfaatkan gerak dari tangan si pengguna sebagai daya geraknya.

10. Branded

Pastikan kamu membeli jam tangan dengan brand yang jelas manufakturnya. Banyak jam tangan yang model trendy tetapi memiliki kualitas yang kurang baik. Mengeluarkan uang lebih besar tidak akan masalah jika kualitasnya tinggi dan awet.
Bagaimana? Sudah siap berburu jam tangan di Loyal Watch? Itulah 10 pertimbangan sebelum kamu memutuskan beli jam tangan di Loyal Watch.

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing