My Cart

Close

Cara Merawat Jam Tangan agar Tetap Awet

Posted on April 08 2019

Bagi beberapa orang, jam tangan merupakan aksesoris wajib yang harus dikenakan setiap hari. Desain jam tangan yang bervariasi menjadi daya tarik untuk semua kalangan. Bahkan seseorang dapat memiliki jam tangan lebih dari satu. Perawatan yang baik dan benar menjadi hal yang wajib dilakukan agar jam tangan tidak mudah rusak. Berikut cara perawatan jam tangan yang baik dan benar:

1. Penyimpanan
Simpan jam tangan di tempat kering atau suhu normal dalam kamar. Suhu ruangan yang terlalu panas atau sebaliknya akan memengaruhi kondisinya. Jadi, pastikan kamu menyimpan jam tangan di tempat kering atau suhu normal dalam kamar. Kamu juga bisa masukkan jam tangan ke dalam kotak agar lebih terjaga.

2. Pembersihan
Kamu bisa mengelap jam tangan dengan kain bebas serat dan menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran dari celah-celah. Apabila jam tangan tahan air, dapat dibersihkan dengan air hangat dan sabun ringan lalu keringkan dengan kain kering. Jangan lupa untuk rajin membersihkan jam tangan sesuai dengan jenis talinya. Hal ini dilakukan agar terhindar dari iritasi kulit yang disebabkan oleh bakteri yang menumpuk pada tali. Pembersihan pun harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan jenis tali jam tangan seperti berikut:

  • Karet atau plastik: Cara membersihkannya cukup mudah yaitu menggunakan sabun dan disikat menggunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas. Hal ini dilakukan guna menghilangkan jamur dan bau yang tak sedap.
  • Kain atau kanvas: Jenis tali ini dapat dibersihkan menggunakan sikat gigi dan sabun setelah itu dikeringkan dengan menggunakan kertas koran. Lalu, diangin-anginkan sesaat. Membersihkan tali berbahan kain atau kanvas harus benar-benar kering, agar tidak berjamur dan menimbulkan bau tak sedap.
  • Stainless Steel: Untuk stainless steel murni, bersihkan dengan disikat sampai benar-benar bersih terutama pada celah-celah. Namun, apabila memungkinkan, lepas tali jam tangan dan celupkan rantai ke dalam larutan sabun cuci dengan air hangat dan sikat secara perlahan, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk.
  • Kulit: Cara membersihkannya yaitu dengan melepas tali dan disikat dengan air hangat dan sedikit cuka putih. Atau bisa juga menggunakan kain setengah basah untuk membersihkan tali berbahan kulit ini, lalu keringkan dengan kain kering. Untuk perawatan yang maksimal, oleskan cairan berupa lotion minimal seminggu sekali. Jangan menggunakan jam tangan berbahan kulit ini untuk berenang atau mandi agar tali tidak cepat berubah warna.

3. Jauhkan dari Area Magnet
Jangan letakkan jam tangan dekat dengan barang-barang elektronik seperti televisi, kipas angin, lemari es, microwave, dll. Dikarenakan gelombang elektromagnetik yang ada pada barang elektronik dapat memengaruhi perputaran jarum jam, sehingga membuatnya tidak menunjukkan waktu yang tepat.

4. Alasi dengan Tisu
Jika kamu termasuk tipe orang yang mudah berkeringat, terutama pada area pergelangan tangan, lebih baik alasi jam dengan menggunakan tisu berbahan lembut. Ini dilakukan supaya jam tidak langsung bersentuhan dengan kulit tanganmu, karena kandungan garam pada keringat yang menempel pada tali jam tangan dapat cepat menimbulkan karat, terutama bila materialnya terbuat dari stainless steel.

5. Sesuaikan dengan Kegiatan
Sebelum kamu memakai jam tangan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jam tangan tersebut cocok atau tidak dipakai untuk kegiatan yang akan kamu lakukan. Jangan gunakan jam tangan berbahan stainless steel untuk olahraga, gunakan jam tangan berbahan karet.

6. Watch Case
Lap jam tangan menggunakan kain bebas serat dan gunakan tusuk gigi untuk membersihkan kotoran di celah-celah. Jika jam tangan tergolong anti air, pakailah air hangat dan sabun ringan untuk membersihkannya lalu keringkan dengan kain.

7. Crystal
Ada beberapa jam tangan yang memiliki crystal anti gores. Simpan dan bungkus menggunakan kain lembut sebelum terjadi cacat pada crystal. Cepat ganti crystal apabila tergores atau pecah.

8. Metal bracelets
Cucilah menggunakan campuran air hangat dan sabun, gunakan sikat gigi lembut untuk menghilangkan kotoran, lalu keringkan dengan kain yang lembut.


9. Automatics
Jam tangan otomatis membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan dengan gerakan kuarsa bertenaga baterai. Jam tangan otomatis didukung pula oleh gerakan kinetik lengan sehingga membutuhkan penyesuaian kembali apabila lama tidak dipakai. Namun, juga memiliki manfaat, dari gerakannya yang terus berputar, dikalibrasi dan mencegah pelumas dari jam tangan tersebut mengental.

10. Maintaining Water Resistance
Jangan gunakan jam tangan tahan air di dalam air panas, bak mandi air panas, bahkan sauna. Panas yang tinggi menimbulkan bagian logam untuk berkembang pada tingkat yang berbeda dari gasket karet. Ini menciptakan lubang kecil yang dapat memungkinkan tetesan air untuk menembus. Apabila, jam tangan memiliki mahkota sekrup down, pastikan untuk sekrup terpsang erat-erat gunanya untuk mencegah air masuk ke dalam tangan.

Setelah menyelam atau berenang di air asin, cepat bilas jam tangan di aliran air tawar. Apabila, jam tangan memiliki bezelputar, putar bezel beberapa kali saat membilasnya. Hal ini akan mencegah penumpukan garam dan korosi cincin bezel.
Itulah 10 cara perawatan jam tangan yang baik dan benar. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kamu yang suka mengoleksi jam tangan!

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing