My Cart

Close

Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu

Posted on February 04 2019

Jam tangan merupakan alat penunjuk waktu yang sangat efisien, karena cukup dipakai di pergelangan tangan bisa digunakan untuk melihat waktu kapanpun dan kemanapun. Berbeda dengan jam dinding yang masih digunakan di suaru ruangan dan tidak efisien untuk dibawa bepergian. Maka dari itu hampir setiap orang memiliki benda ini. Peminat jam tangan di Indonesia sendiri pun cukup banyak sebab aksesoris ini merupakan salah satu hal penting baik untuk pria dan wanita untuk penunjang penampilan maupun keperluan pengingat waktu.  

Berbagai macam model dan original brand jam tangan pun semakin marak, seperti eperti Rolex, Swiss Army, Casio dan lain sebagainya. Namun seiring dengan itu imitasi jam tangan di Indoesia juga tak sedikit. Para pelaku membuat barang palsu dan menjual dengan harga yang tinggi. Berikut ini merupakan cara untuk membedakan jam tangan asli dan palsu agar anda tidak mudah tertipu yang berujung pada kerugian besar.

1. Harga

Harga jam tangan palsu tidak akan melebihi setengah dari harga aslinya. Missal harga jam tangan asli seharga 3 jutaan maka jam tangan paslu atau KW berkisar 500 hingga 1 jutaan. Bahkan bisa 100 hingga 300 ribuan untuk KW yang jelek.

2. Berat

Jam tangan original atau asli memiliki berat yang lebih daripada palsu atau KW. Sebab kualitas dan bahan yang memang benar-benar berbeda.

3. Logo

Perhatikan logo dan tulisan yang berada pada jam. Jam original memiliki logo dan tulisan yang sangat jelas sekalipun ukurannya kecil. Sedangkanlogo dan tulisan pada jam tangan palsu atau KW, akan lebih memudar. Dibutuhkan kejelin tingkat tinggi untuk membedakan kedua hal ini.

4. Detikan Jarum Jam

Perhatikan jarum detik dan menit pada jam. Jam tangan asli memiliki detikan yang super halus. Hal ini dikarenakan pembuatannya menggunakan bahan dari ratusan komponen yang sempurna.

5. Mesin Jam

Cek mesin jam pada jam tangan. Apabila mesin jam memiliki presisi yang sangat rapi maka bisa dipastikan bahwa itu adalah jam tangan asli. Namun bila esin dipasang tidak rapi atau seenaknya sendiri maka anda harus berhati-hati. Presisi mesin jam juga sangat berpengaruh pada ketepatan jam dalam menghitung waktu.

6. Nomor Serial

Nomor serial pada jam tangan harus sesuai dengan nomor srial pada kotak jam tangan tersebut. Biasanya nomor serial tertera pada sticker di belakang jam tangan.

7. Garansi Resmi

Pada saat anda membeli jam tangan aslli, anda akan mendapatkan sertifikat resmi. Sedangkan jika anda membeli barang palsu tidak akan menemui hal tersebut. Garansi resmi dari produsen merk merupakan aset yang membuktikan bahwa jam tangan tersebut original.

Selain beberapa cara diatas, anda juga harus benar-benar jeli dalam memilih jam tangan asli dan menghindari barang palsu atau KW. Mungkin anda akan sedikit kesulitan melakukan hal-hal diatas jika melakukan pembelian di toko online sebab anda tidak bisa melihat dan melakukan pengecekan langsung terhadap jam tangan yang akan dibeli. Selamat berbelanja!

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing